Apabila anda berjalan jalan sore atau malam hari di seputar "kota pudak", Gresik, ada pemandangan yang cukup unik di pinggir pinggir jalan di kota ini. Ya..... bila anda cermati, anda akan menemukan banyak sekali kerumunan orang-orang (biasanya sih laki-laki) dari rentang usia remaja bahkan sampai kakek-kakek. Berjajar motor dari segala merk yang di parkir dipinggir jalan, bahkan hampir mirip seperti ada kondangan. Pemandangan seperti itu adalah pemendangan rutin yang mengawal malam-malam di kota gresik. Bukan untuk suatu maksud atau acara apapun, tapi mereka cuma sekedar nongkrong di warung kopi. Istilah kerennya "Clubbing" atawa "stress release" atau yang lebih familiar di telinga orang jawa adalah "cangkrukan".

Kalau kita cermati, diseputar kota Gresik yang tidak terlalu luas saja ada kurang lebih 200-an warung kopi yang menawarkan tempat untuk cangkru'an. Tidak heran, kenapa warung kopi semacam itu di sebut "Warung Gresik'an", oleh banyak masyarakat di luar Gresik.
Walaupun jumlah warung yang terbilang cukup banyak , toh setiap malam warung-warung tersebut tidak pernah sepi dari pengunjung yang "memadati". hal ini seakan sudah menjadi budaya sehari- hari di kota pudak ini. Masing-masing warung atau "area cangkru'an" mempunyai komunitas sendiri-sendiri. Walaupun pada kenyataannya toh mereka tetap terbuka bagi siapa saja yang ingin mampir untuk sekedar makan dan minum. Dan masing masing dari warung tersebut mencoba untuk menampilkan ciri khas mereka sendiri dalam upaya selalu menjaring dan mempertahankan komunitasnya yang sudah terbentuk. tentu saja semuanya itu semakin menambah ragam pesona dari keberadaan warung cangkru'an di kota Gresik.
Oleh karena itu sobat, kalau bermalam dan berkunjung ke kota Gresik, belumlah cukup hanya sekedar membeli pudak, makan nasi krawu dan minum legen saja. Untuk lebih merasakan kesan yang mendalam silahkan mencoba mengunjungi salah satu warung cangkru'an di kota Gresik. Anda akan mendapatkan suasana yang berbeda, akrab, dan tentu saja murah meriah. Salam dari Gresik!




2 comments:

Anonymous said...

Hm

Nice Blog man....

Well Cangkru'an Never end.....

Salam
Deni
Rie Coffee

Keris Adji said...

Baca juga: GRESIK KOTA WARUNG KOPI di http://dewankeseniangresik.blogspot.com

Sample Text

Powered by Blogger.
Powered By Blogger

Popular Posts

Total Pageviews